PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII MIPA DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH KOTA PAREPARE
penelitian bidang pendidikan agama Islam
Keywords:
Media audio visual, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII MIPA Di Sekolah Madrasah Aliyah Kota Parepare. Jenis peneilitian ini merupakan penelitian kuantitatif Ex-post facto. Sampel penelitian menggunakan rondom sampling yakni 45 sampel peserta didik kelas XII MIPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Parepare. Teknik pengumpulan data menggunakan tekni observasi, angket dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 2.4.
Berdasarkan hasil analis tentang pengaruh penggunaan media aoudio visual dan hasil belajar peserta didik data tersebut nilai person corelattion 0.921 atau 92.10% berada pada tingkat hubungan 0.80–1.000. Diketahui nilai f sebesar 232.64 dengan tingkat signifikan 0.02 ? 0.05 . maka dapat dijelaskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII MIPA di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Parepare. Sedangkan nilai SE = 0,831 atau 8,31,% yang artinya sumbangan efektif (SE) media audio visual (X) terhadap motivasil belajar peserta didik (Y) sebesar 8,31%.
References
Yaumi, Muhammad. Model Kinerja Guru Dalam Pembelajaran: Designing, Training, And Mentoring. Cet. I; Makassar; Alauddin University Press. 2014.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Cet. V; Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2004.
Asnawir dan Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. Cet. 1; Jakarta: Ciputat Pers. 2002.
Jamilah, Umi Nur. “Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pai Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Tulang Bawang Tengah” . Tesis; ilmu tarbiyah Lampung kota yogyakarta. 2017.
Andi Ibrahim, Asrul Haq, dkk, Metodologi Penelitian (Makassar: Gunadarma Ilmu, 2018), h. 61.
Safei, Muh. Teknologi Pembelajaran :Pengertian, Pengembangan dan Aplikasinya. Cet. VII; Makassar: Alauddin University Pres, 2019.
Soebroto, Tjahyo, Sigit Priatmoko, Nurma Siyamita. Pengaruh Media Visual di Ruang Kelas Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa, vol. 3, no. 1 (2009).
Suanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cet. IV; Jakarta: Prenadamedia Group. 2016.
Nursalam, Statistik Untuk Penelitian. Cet. 1; Makassar: Alauddin University Press, 2011.
Nurseto, Tejo. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik, vol. 8, no. 1(April 2011), https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/706. (Diakses 6 Oktober 2019)
Priansa, Donni Juni Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Peserta didik. Cet. 1 Bandung: CV Pustaka Setia, 20017.
Pribadi, Benny A. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Cet. 1; Jakarta: Kencana, 2017.
Sudiana, Nana dan Ahmad Riva. Media Pembelajaran. Cet. VIII; Bandung: Sinar Biru Algensindo Bandung. 2009