KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF ANRE GURUTTA ABDURRAHAMAN AMBO DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH ARABIYAH ISLAMIYAH (MAI) MANGKOSO BARRU

Authors

  • juhriadi sulaiman IAIN Sorong

Keywords:

kepemimpinan pendidikan, Pendidikan, Pondok Pesantren, MAI

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kepemimpinan Transformatif Anre Gurutta Ambo Dalle Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Madrasah Arabiyah Islamiyah (MAI) Mangkoso Barru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun jenis kualitatif yang digunakan adalah studi kasus, pemilihan pendekatan dan jenis penelitian ini didasarkan atas masalah penelitian. Kepemimpinan transformatif ditunjukkan Anregurutta Abdurrahman Ambo Dalle dalam bentuk karakter dalam kehidupan sehari-hari adalah kejujuran, keikhlasan, kewibawaan, ketawadhuan, kedermawanan, pengabdian, kealiman,  keilmuan, dan kesufian yang ditunjukkan Anregurutta Abdurrahman Ambo Dalle dalam membangun lembaga pendidikan Islam. Bentuk kepemimpinan transformatif (kharismatik) yang ditunjukkan AGH. Abdurrahman Ambo Dalle, ditunjukkan dalam konsep ilmu, amal dan ikhlas yang dijalankan secara bersepadu membuat AGH. Abdurrahman Ambo Dalle sukses dalam membangun dan mengembangkan lembaga pendidikan MAI mangkoso Barru.  Penelitian juga menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional tidak saja terkait dengan aspek pengembangan, juga berkaitan dengan dukungan lingkungan dan begitu pula dengan adanya peran sosial pemimpin politik. 

References

Pendahuluan

Metode Penelitian

Hasil dan Pembahasan

Kesimpulan

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

sulaiman, juhriadi. (2022). KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF ANRE GURUTTA ABDURRAHAMAN AMBO DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH ARABIYAH ISLAMIYAH (MAI) MANGKOSO BARRU. Jurnal Risalah Addariyah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, Pendidikan &Amp; Sosial Kemasyarakatan, 8(1). Retrieved from http://e-journal.staisddimangkoso.ac.id/index.php/risalah-addariyah/article/view/29