Tanggung Jawab keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pendidikan

Authors

  • zainuddin karim STAI DDI Mangkoso

Keywords:

tanggung jawab keluarga, tanggung jawab sekolah, tanggung jawab masyarakat.

Abstract

ABSTRACT

This study aims to develop the results of previous studies with a view to knowing the responsibilities of families, schools, and communities in education.

This research is library research using educational and psychological approaches. Sources of data are taken from primary data in the form of books or books that have relevance to the title discussed, from these references are analyzed and then concluded.

The results of the study reveal that family responsibility in education is very meaningful, because the family is the first and foremost educational institution for children to get guidance to grow up with personality, intelligence, and skills. Then, the responsibility of the school is the continuation of the family education process. Therefore, school education institutions must be able to maximize their role so that the academic potential of students can develop, and the responsibility of the community is as a place for socialization, social control, cultural preservation, educational selection and social change, and as an educational institution.

The implications of research on family, school, and community responsibilities in education have their respective roles to make children spiritually, intellectually intelligent, and also develop their psychomotor aspects. Family education institutions as the beginning of children getting education from both parents by introducing that God is the creator of everything in this world, educating their children so that they have noble character, then, school as a continuation of education that takes place in the family to shape children's academic intelligence. Then, the community contributes as a place for socialization and cultural.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan hasil penelitian sebelumnya degan maksud  untuk mengetahui tanggung jawab keluarga, sekolah, dan masyrakat dalam pendidikan.

Peneitian ini adalah library research (kajian pustaka) dengan menggunakan pendekatan pendidikan dan psikologis. Sumber data diambil dari data primer  berupa kitab atau buku- buku yang memiliki relevansi denga judul yang dibahas, dari referensi tersebut dianalisis kemudian disimpulkan.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tanggung jawab keluarga dalam pedidikan sangat berarti, sebab keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama bagi anak untuk mendapatkan bimbingan agar tumbuh dewasa dengan memiliki kepribadian, kecerdasan, dan keterampilan. Kemudian, tanggung jawab sekolah adalah kelajutan dari proses pendidikan keluarga. Karena itu, lembaga pendidkan sekolah harus dapat memaksimalkan peranya agar potensi akademik peserta didik dapat berkembang, dan tanggung jawab masyarakat adalah sebagai tempat melakukan sosialisai, kontrol sosial, pelestarian budaya, seleksi pendidikan dan perubahan sisoal, serta sebagi lembaga pendidikan.

Implikasi penelitian tentang tanggung jawab keluarga, sokolah, dan masyarakat dalam pendidikan memiliki peran masing-masing untuk menjadikan anak cerdas secara spritual, intelektual, dan juga berkembang aspek psikomotoriknya. Lembaga pendidikan keluarga sebagai awal mula anak mendapatkan pendidikan dari kedua orang tuanya degan memperkenalkan bahwa Allah adalah pencipta segala yang ada di alam ini, mendidik agar anakmereka memiliki akhlak mulia, lalu, sekolah sebagai kelanjutan pedidikan yang berlangsung dalam keluarga untuk membentuk kecerdasan akademik anak. Kemudian, masyarakat berkontribusi sebagai tempat sosialisai dan pelestarian budaya.

 

References

REFERENCES

Al-Quran Al-Karim dan Terjemahnya Deperttemen Agama RI Semarang: PT. Karya Toha Putra Semarang, 2022.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Cet. 12; Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Iqbal, Muhammad, Abu, Konsep Pemikiran al-Ghazali tentan Pendidikan Cet. I; Jawa Timur: Jata Star Nine, 2013.

Junaedi, Mahfud, Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam Cet. I; Depok: PT Kharisma Putra Utama, 2017.

Nata, Abudin, Sosiologi Pendidikan Islam Cet. II; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Suhartono, Suparlan Suhartono, Filsafat Pendidikan Cet. I; Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2009.

S,Tatang, Ilmu Pendidikan Cet. I; Bandung: CV. Pustaka Setia, 2012.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

zainuddin karim. (2022). Tanggung Jawab keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pendidikan. Jurnal Risalah Addariyah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, Pendidikan &Amp; Sosial Kemasyarakatan, 8(1). Retrieved from http://e-journal.staisddimangkoso.ac.id/index.php/risalah-addariyah/article/view/32