OPTIMALISASI BACA TULIS Al-QUR’AN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI 73 PAREPARE

Authors

  • Syukri STAI DDI Mangkoso

Keywords:

Optimalisasi, Baca dan Tulis al-Qur’an.

Abstract

to read and write the Koran among students at SDN 73 Parepare. As a complement, the type of research used is field research with a qualitative approach with research instruments and data collection procedures that are guidelines for observation, interviews and further documentation, data processing and analysis techniques, namely; data reduction, data presentation, drawing conclusions, and data interpretation. Check the validity of the data, namely; credibility of the informant, time of disclosure, conditions experienced. The results of the research show that students at SDN 73 Parepare still experience difficulties in reading and writing the Al-Qur'an because students are not yet accustomed to reading Arabic letters or hijaiyyah, let alone the law on reading the Al-Qur'an. or recitation. The existing phenomenon is a system of teaching the Koran which is limited to reading only. Optimizing reading and writing the Koran for students at SD Negeri 73 Parepare, namely by knowing the level of ability of each student by understanding student characteristics, choosing the right methods and strategies for learning to read and writing the Koran, creating a comfortable learning place , building relationships with students, conducting evaluations, and providing motivation to students

References

BUKU

Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro, 2008.

Gunawan, Heri, Pendidikan Islam Kajian Teoretis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: PT. Remaja Rosdakarta, 2014.

Al-Maliki, Sayyid Muhammad Alwi, Keistimewaan-keistimewaan Al-Qur’an, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2001.

Manzur, Ibnu, Lisan al ‘Arab, Dar Al Hadits. Cairo: 2003 M/ 1423 H.

Al-Mujahid, Achmad Toha Husein, Ilmu Tajwid. Jakarta: Darus Sunnah, 2013.

Al-Nawawi, Yahya bin Syraraf, Al;Tibyan fi adab Hamalah Al Quran. Jaddah: al Hamarain, ttt.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2019.

JURNAL

ASMAWADI, A. (2021). PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ). VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1). https://doi.org/10.51878/vocational.v1i1.31

Chandra, R. (2022). Literasi Al-Qur’an Melalui Kegiatan NGAOS (Ngaji On The School) Untuk Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an pada Siswa SD N 1 Panca Marga. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(II).

Fazalani, R., Tabroni, I., Syafruddin, S., Hamirul, H., Diana, E., Alfiyanto, A., & Hidayati, F. (2022). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Minat Anak Dalam Membaca Al-Qur’an Selama Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3). https://doi.org/10.47679/ib.2022271

Guru, P., Agama, P., Dalam, I., Baca, M., & Al-, T. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kepahiang. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6).

M. Romadlon Habibullah, Mukholidatul Musthofiah, & Hamidatun Nihayah. (2021). Baca Tulis Al Qur’an dengan Metode Jet Tempur di Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Falah Payaman Ngraho Bojonegoro. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1). https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.193

Maesyaroh, Y., & Albar, M. K. (2022). Pendampingan baca tulis Al Qur’an dengan metode iqro’ di TPQ Al Amin Dusun Ciparakan. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.32505/connection.v2i1.3370

Mutmainnah. (2018). Urgensi Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Ar-Raniry, 4(1).

Nurul Hijrah, Hardiyanti Ridwan, Amran AR, & Diarti Andra Ningsih. (2022). Pelatihan Baca Tulis Al-Qur’an di TK/TPA Masjid Nurul Ikhsan Dusun Idaman. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.47435/pendimas.v1i1.918

Poetri, M., & Bahruddin. (2019). Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Al-Muasyarah Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5).

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Saepuddin, S., & Zamhari, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Kurikulum Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) pada Materi Baca Tulis Al-Qur’an dan Fikih Ibadah di Batam dan Tanjungpinang. Surya Abdimas, 5(2). https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.1025

Septantiningtyas, N. (2021). Penerapan Metode Tilawati Dengan Strategi Mnemonic Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al- Qur ’ an Melalui Media WhatsApp. Snastep (Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran), 1(1).

Sudarmono, Mu. A., Wahab, A., & Azhar, M. (2020). UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR BACA TULIS Al-QUR’AN. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2). https://doi.org/10.33096/jiir.v17i2.92

Syaifullah, M., Tahria, F., Yasir, M., Fadillah, N., & Nurhalizah, S. (2022). Strategi Guru Agama Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Sesuai Hukum Tajwid Siswa Kelas V MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).

Wardoyo, H. E. H. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Pada Siswa di SDN Sebani Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Sumbula?: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, Vol.1 No.2(Metode Baca Tulis Al-Qur’an).

Yuliana Wulandari. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di. Pendidikan Islam, 6(2).

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Syukri. (2024). OPTIMALISASI BACA TULIS Al-QUR’AN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI 73 PAREPARE. Jurnal Risalah Addariyah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, Pendidikan &Amp; Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 12–22. Retrieved from http://e-journal.staisddimangkoso.ac.id/index.php/risalah-addariyah/article/view/59